Monday 29 June 2020

Fungsi Concatenate Pada Excel atau Google Sheets

Saya pernah kebingungan , gimana cara nyatuin kata atau angka di cell yang beda sampe pada suatu hari saya bertemu dengan kata " Concatenate " .

Kuy lah uji coba  penggunaan concatenate :

Buka excel kalian , tulis kata atau angka dari kolom A sampai Kolom D :
Abis itu pada kolom A Baris Kedua : 
Karena saya nyobainnya pake sheets jadi pemisahnya pake tanda " ; " ( titik koma )

Contoh :
=CONCATENATE(A1;B1;C1;D1)

Kalo kalian nyoba nya di excel bisa gunakan tanda " , " ( koma )

Contoh :
=CONCATENATE(A1,B1,C1,D1)
Bila sudah ketik enter , karena saya nyoba di hp pake google sheets jadi tekan checklist ..

Jadi deh 
Sekarang kita modifikasi dengan gunakan kata sambung : 
Contoh :

=CONCATENATE(A1; B1; " adalah ";C1; " yang ";D1)

Yang perlu diketahui , bila kita ingin menambahkan kata kata berupa text kita harus tambahkan tanda petik seperti contoh diatas , dan jadi nya :

sekarang kita uji coba berupa angka karena mungkin kita sering nemuin angka yang didepannya ada angka 0 kayak nomor telepon , resi pengiriman , nomor ticket dll 

Kayak biasa , ketik dulu angka dari kolom A1 sampai A3
Masukin code nya : 

=CONCATENATE(0;A1) 

Jangan lupa karena saya pake sheets jadi pemisahnya pake titik koma , kalo di excel pake tanda koma 

Kenapa 0 nya ga pake tanda petik ? Karena 0 numerik bukan text jadi ga perlu pake tanda petik 

Sekian dulu ya , itu cara nya kalian bisa modifikasi lagi biar makin cakep ..

Terima kasih

0 comments:

Post a Comment

Mohon untuk berkomentar dengan kata-kata yang baik. Silahkan ajukan pertanyaan, insyaAllah saya jawab sebisanya